Pra Forum SPI PTN BH KE IX Di Padang

Yogyakarta (SPI UNY) - Transformasi kelembagaan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dari Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN BLU) ke Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) tentu ikut berdampak terhadap berbagai sektor, termasuk sektor pengawasan internal universitas. Satuan Pengawas Internal (SPI) UNY yang tadinya tergabung dalam Forum SPI PTN seluruh indonesia, saat ini memiliki komunitas baru dalam Forum SPI PTN BH. Pada acara pra forum yang diselenggarakan di Padang pada tanggal 6 Juli 2023 ikut menjadi penanda keikutsertaan SPI UNY untuk pertama kalinya dalam Forum SPI PTNBH seindonesia. Hal ini tentu memberikan banyak sekali pengalaman dan ilmu baru untuk dapat digali dari PTN yang lebih dahulu bertransformasi menjadi PTN Badan Hukum.

Pra Forum SPI PTNBH ke IX di Padang kali ini dihadiri oleh 21 (dua puluh satu) Kepala/Sekretaris SPI PTN BH maupun anggota SPI PTN BH seindonesia. Hadir dalam acara tersebut SPI PTN BH dari Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Airlangga, Universitas Andalas, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanuddin, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Padjajaran, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Sumatera Utara, Universitas Syiah Kuala, dan Universitas Terbuka.

Dalam kesempatan tersebut dipaparkan beberapa materi terkait dengan kebijakan akuntansi PTN BH di Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada, transformasi pengelolaan keuangan di Universitas Andalas selaku tuan rumah Pra Forum SPI PTNBH, model tiga lini hubungan dan hubungan kerja antara SPI PTN BH dengan Komite Audit (KA) pada masing masing PTN BH, diskusi rencana Forum SPI PTN BH di Universitas Padjajaran dan diskusi pelatihan internal audit bagi PTN BH di Universitas Gadjah Mada.

Acara pra forum ditutup dengan rancangan agenda pertemuan Forum SPI PTN BH ke IX di Bandung yang rencananya akan berlangsung pada tanggal 18 dan 19 Oktober 2023 dengan serangkaian acara terkait dengan mekanisme pajak pada PTN BH, pembahasan audit BPK di PTN BH dan peran Inspektorat Kemendikbudristek selaku APIP untuk mengawal proses pengawasan dan tindaklanjut temuan BPK.