Pemantuan MBKM UNY Oleh Tim Itjen Kemendikbudristek

Yogyakarta (SPI UNY) - Pada awal bulan Agustus 2023, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kedatangan tim pemantuan kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Itjen Kemendikbudristek. Pada kesempatan tersebut, tim Itjen Kemendikbudristek hadir ke UNY dipimpin oleh Bapak Bahari Mulawarman dan dibantu dengan 3 (tiga) anggota tim yakni Sujatmiko Wibowo, Aditya Hendri S., dan Agatha Yerika S.

Adapun lingkup pemantauan pelaksanaan MBKM di UNY pada pelaksanaan beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), Program Kampus Mengajar, Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), Wirausaha Merdeka, Program Bantuan Pemerintah Untuk Transformasi Akreditasi Program Studi, Matching Fund (MF), Program Kompetisi Kampus Merdeka, Program Insentif Pencapaian IKU, dan Program Praktisi Mengajar.

Hasil pemantauan kegiatan MBKM tersebut menghasilkan 10 (sepuluh) kesimpulan dan rekomendasi pada area perbaikan penyelenggaraan MBKM di UNY. Berdasarkan hasil dan saran dari kegiatan pemantauan oleh tim Itjen Kemendikbudristek ini, UNY diharapkan dapat dijadikan sebagai pijakan dalam menyusun performance improvement plan untuk kegiatan MBKM di UNY pada masa yang akan datang. 

"Kami berharap kedatangan kami ke UNY dapat memberikan sebuah dorongan melalui perspektif kami dalam melihat penyelenggaraan MBKM di UNY dan mampu memberikan nilai tambah yang dapat membantu UNY dalam mengembangkan kegiatan MBKM yang sudah berjalan baik ini agar lebih ditingkatkan lagi pada masa yang akan datang," ujar Bahari Mulawarman pada saat pelaksanaan exit meeting pemantauan MBKM di UNY sekaligus penyerahan hasil pemantauan MBKM UNY kepada Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Keuangan UNY di Ruang Rapat Timur 3 Gedung Rektorat UNY Lantai 3 Sayap Timur.