Pelatihan Audit Internal Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum

PENINGKATAN KAPASITAS ANGGOTA SATUAN PENGAWAS INTERNAL UNY MELALUI PELATIHAN AUDIT INTERNAL PERGURUAN TINGGI NEGERI BADAN HUKUM DI EL ROYALE HOTEL YOGYAKARTA TANGGAL 31 OKTOBER 2023 - 3 NOPEMBER 2023

Yogyakarta (SPI UNY), Dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya manusia SPI UNY sebagai salah satu Program Kerja Pengawasan Tahunan TA 2023, pada tanggal 31 Oktober 2023 sampai dengan 3 Nopember 2023, 2 (dua) orang anggota SPI UNY ditugaskan untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Audit Internal Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum yang diselenggarakan oleh Departemen Ekonomika Dan Bisnis Sekolah Vokasi Universitas Negeri Yogyakarta beekrjasama dengan SPI Universitas Gadjah Mada. Anggota SPI yang mengikuti pelatihan adalah Nur Arida Hendrawati, S.I.P, M.M dan Ambarwati, S.Pd, S.E selaku anggota SPI Bidang Sumber Daya Manusia dan Anggota SPI Bidang Kemahasiswaan. Pelatihan yang diselenggarakan selama 4 (empat) hari di El Royal Hotel Yogyakarta, diikuti oleh 20 (dua puluh) orang peserta dari berbagai PTN di Indonesia, antara lain ITS, UNY, UGM, Universitas Hasanuddin, Universitas Andalas, UNP serta UIN Alauddin Makasar. Acara yang dibuka oleh Kepala Departemen Ekonomika Dan Bisnis Sekolah Vokasi UGM (Dr. RY. Kun Haribowo P, M.Si) bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kapasitas peserta dalam melakukan audit internal di lingkungan PTN masing-masing.

Materi yang disampaikan pada kegiatan tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Pengantar Akuntansi, yang disampaikan oleh Faiz Zamzami, S.E, M.Acc, QIA, CMA, CAPF, CAPM, CRA, CACP (Doses Departemen Ekonomika Dan Bisnis Sekolah Vokasi UGM)

2. Tata Cara Reviu Laporan Keuangan (LK) PTNBH disampaikan oleh : Kartika MAyang dari SPI UGM dan Andry Wardhani dari SPI UGM (SPI UGM)

3. Teori dan Prosedur Audit Operasional disampaikan oleh : Rumiyati, S.E, M.Sc, CMA, CAPM, CAPF(Doses Departemen Ekonomika Dan Bisnis Sekolah Vokasi UGM)

4. Pelaksanaan Audit Operasional disampaikan oleh : Muhammad Gamal nasher (SPI UGM)

5. Praktek dan studi kasus audit disampaikan oleh Tim SPI UGM

Pengiriman anggota SPI pada kegiatan pelatihan tersebut, diharapkan mampu memberikan kontribusi pada aspek pengawasan internal di UNY.