Kunjungan Universitas Islam Internasional Indonesia Ke SPI UNY

Yogyakarta (SPI UNY) - Pada hari selasa tanggal 12 September 2023, Satuan Pengawas Internal Universitas Negeri Yogyakarta (SPI UNY) kedatangan tamu dari Satuan Pengawas Internal Universitas Islam Internasional Indonesia (SPI UIII) dengan maksud untuk kegiatan benchmarking kegiatan audit di UNY. Pada kesempatan tersebut hadir Ibu Diana Fitri Dahli, S.T. selaku Plt. Sekretaris SPI UIII dan Bapak Esa Bayu Rianto, S.I.P. selaku pelaksana pada SPI UIII. Ketua, Sekretaris dan Anggota SPI UNY Bidang SDM dan kemahsiswaan secara bergantian memaparkan bagaimana proses audit di UNY dilaksanakan. 

Disamping itu dijelaskan pula mekanisme perubahan struktur organisasi dan tata kerja SPI UNY yang bergeser dari Badan Layanan Umum (BLU) ke Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH). Perubahan pengelolaan dari BLU ke PTNBH secara signifikan mempengaruhi pola perubahan mindset maupun pergeseran tata kerja di SPI UNY. Secara kelembagaan SPI UNY masih berada di bawah Rektor UNY, naun bergeser dari Organ ke Unsur UNY. Perubahan kelembagaan juga memunculkan hubungan baru antara SPI UNY dengan Majelis Wali Amanat (MWA) UNY melalui Komite Audit (KA) yang merupakan unit pelaksana pengawasan di bawah MWA UNY.

Disamping secara kelembagaan, secara SDM SPI UNY juga mengalami pergeseran. Pada waktu masih dengan pola pengelolaan BLU, SDM di SPI terdiri atas Ketua, Sekretaris dan anggota SPI. Dengan pergeseran dari BLU ke PTNBH, komposisi SDM di SPI UNY bergeser dari yang tadinya berisi Ketua, Sekretaris dan Anggota bertambah SDM dengan jabatan auditor di bawah anggota pada masing masing bidang.

Kunjungan SPI UIII ke SPI UNY selama kurang lebih 3 (tiga) jam, telah menambah networking tersendiri dari SPI UNY dengan SPI pada universitas di bawah pengelolaan Kementerian Agama (Kemenag) selain dari SPI Universitas Islam Negeri (UIN) yang juga di bawah pengelolaan Kemenag.