Kunjungan SPI UIN Sulthan Thaha Saifudin Ke SPI UNY

Yogyakarta (SPI UNY) - Relasi yang begitu baik antara Satuan Pengawas Internal Universitas Negeri Yogyakarta (SPI UNY) dengan beberapa SPI Universitas Islam Negeri (UIN) telah mendorong terwujudnya kunjungan studi banding SPI UIN Sulthan Thaha Saifudin Jambi ke SPI UNY pada tanggal 10 Agustus 2023. Selain untuk mempererat kerjasama diantara keduanya, kunjungan SPI UIN Sulthan Thaha Saifudin kali ini juga dalam rangka berbagi informasi dari SPI UNY terkait dengan mekanisme audit Sumber Daya Manusia (SDM) di UNY.

Dr. Novi Mubyarto, S.E., M.E., selaku Ketua SPI UIN Sulthan Thaha Saifudin, menyampaikan bahwa kedatangan tim mereka ke UNY juga sekaligus dalam rangka penyelesaian atas rekomendasi dari KAP terkait dengan pelaksanaan audit SDM di UIN Sulthan Thaha Saifudin. Menurut beliau, UNY diharapkan dapat membagikan informasi terkait mekanisme audit SDM di UNY yang barangkali dapat diterapkan di SPI UIN Sulthan Thaha Saifudin. 

"Sebenarnya kami secara khusus ingin menimba ilmu dari SPI UNY terkait dengan langkah audit SDM, disebabkan kami belum secara optimal melaksanakan audit pada bidang SDM sehingga KAP merekomendasikan kepada SPI UIN Sulthan Thaha Saifudin agar meningkatkan proses audit terhadap bidang SDM ini," ujar beliau.

Ketua, Sekretaris dan Anggota SPI UNY kemudian secara bergantian memaparkan bagaimana SPI UNY melakukan audit pada bidang SDM. Baik Ketua, Sekretaris maupun Anggota SPI UNY menuturkan bahwa SPI UNY tidak secara khusus melakukan audit atas SDM di UNY. Namun dalam proses audit yang dilakukan telah menyentuh aspek akuntansi dan pelaporan keuangan, organisasi dan tata kelola, hukum dan ketenagaan/kepegawaian, kemahasiswaan, aset, sarana prasarana dan barang milik universitas sebagaimana diatur pada Pasal 68 ayat 2 Peraturan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Nomor 8 Tahun 2023 tentang Organisasi Dan Tata Kerja Universitas Negeri Yogyakarta. Peraturan ini sendiri merupakan turunan dari Peraturan pemerintah Nomor 35 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Yogyakarta.

Lebih lanjut Ketua dan Sekretaris SPI menyampaikan bahwa proses audit SDM di UNY ditekankan kepada 3 (tiga) aspek utama yakni: (1) Human Resources Management dengan ruang lingkup pada Job Design, HR Planning, sistem pengelolaan kinerja, seleksi dan pengawakan, (2) Human Resources Development dengan ruang lingkup training and development, pengembangan organisasi, pengembangan karir, (3) Human Resources Information System (HRIS) yang mencakup compentation and benefits, employee assistance, labour relation, dan HR research information system yang bersifat timely, accurate, concise, relevant dan complete.

Pada akhir kunjungan dari SPI UIN Sulthan Thaha Saifudin, kedua pihak berharap akan terus dapat menjalin kerjasama dan meningkatkan jenis kerjasama antara SPI UNY dengan SPI UIN Sulthan Thaha Saifudin pada masa yang akan datang.