Entry Meeting Audit BPK Terkait Pelaksanaan Beasiswa LPDP di UNY

Yogyakarta (SPI UNY) - Menindaklanjuti Surat Ketua Tim Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Nomor 27/PDTT_LPDP/KT/09/2023 tanggal 12 September 2023 kepada LPDP, perihal Permohonan Koordinasi dan Pendampingan Pemeriksaan Uji di Wilayah DI Yogyakarta dan sekitarnya dan Surat dari Direktur Beasiswa LPDP Nomor S-530/LPDP.3/2023 tanggal 15 Sepetember 2023 perihal pendampingan pemeriksaan uji petik BPK pada program beasiswa LPDP di Universitas Negeri Yogyakarta, maka pada hari Kamis tanggal 21 September 2023, Tim dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Tim dari LPDP serta Ketua Satuan Pengawas Internal LPDP mengadakan entry meeting dengan jajaran manajemen di UNY.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes) dan Ketua Satuan Pengawas Internal UNY (Abdullah Taman, S.E., M.Si., Ak.). Beberapa program yang akan dilakukan pemeriksaan uji petik oleh BPK adalah Program Beasiswa Native LPDP, Program Beasiswa Kolaborasi KemdikbudRistek Degree dan Non Degree (IISMA, PMM, MSIB, dan Pabrik Wirausaha atau Wirausaha Merdeka). Tim BPK juga nantinya akan meminta keterangan dari Kepala Program Studi yang telah ditetapkan dalam uji petik beserta mahasiswa penerima beasiswa LPDP untuk dimintai keterangan terkait dengan progres pelaksanaan perkuliahan dari para mahasiswa beserta keluhan dan hambatan yang dihadapi untuk menarik kesimpulan audit dan menuangkannya kedalam Kertas Kerja Audit (KKA).

UNY beharap agar kegiatan audit ini mampu memberikan saran perrbaikan untuk pelaksanaan program beasiswa LPDP di UNY pada masa yang akan datang.